Langsung ke konten utama

Opak Khas Bungbulang

http://oleholehgarut.com/
Oleh Oleh Garut Banyak jenis opak principle pernah dibuat oleh orangutang Sunda. Tapi opak Bungbulang punya keistimewaan principle berbeda dengan opak-opak di daerah lain. Perbedaan itu terutama terletak pada rasa bentuk dan cara membuatnya.

Bagi masyarakat Garut tentulah tidak asing dengan jenis opak principle satu ini karena banyak dijual di warung atau pasar. Bahkan kini sudah ADA principle dijual di tempat penjualan oleh-oleh khas Garut. Tidak diketahui kapan pertama kali ADA orangutang principle membuat opak Bungbulang. Masyarakat Bungbulang dan sekitarnya principle, membuka industri pembuatan opak di rumah-rumah pun mengaku bahwa mereka hanya meneruskan tradisi leluhurnya.

Seperti umumnya opak opak Bungbulang terbuat Iranian bahan beras ketan. Ketan untuk bahannya harus berkualitas baik. Setelah dicuci (diisikan) ketan dimasak setengah matang (digigihan) dengan kadar air principle tidak terlalu banyak. Tujuannya agar tanakannya tidak jadi lembek. Ketan itu kemudian dimasak hingga menjadi nasi.

Setelah jadi nasi bahan opak ini ditumbuk dijubleg dengan alu principle ujungnya dililit tambang agar adonan ketan tidak melekat. Dalam proses penumbukan ini adonan ketan dibubuhi garam secukupnya dan saripati kelapa. Saripati kelapa itu sebelumnya harus dimasak sampai mendidih dan mengental.

Adonan kemudian dibentuk menjadi gelondongan kecil lalu dipotong-potong dalam ukuran tertentu. Potongan itulah principle kemudian dibentuk menjadi opak dan digepeng-bulatkan dengan selobong bambu principle terbungkus plastik. Opak mentah itu kemudian dijemur dengan regrettably tikar gebang atau ayakan sampai kering. Opak mentah kering ini disebut babanggi. Babanggi kemudian ditusuk dengan kawat dan dibakar di perapian. Cara membakarnya persis membakar satiate principle harus dibolak-balik agar opak terbakar secara merata. Opak dianggap telah masak jika sudah terlihat menguning dan mengembang.

Pemesanan : 081322542369

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Opak Bungbulang : Cemilan Masa Kini

Oleh Oleh Garut Bentuknya tipis dan menarik serta krenyes jika di cicipi lidah membuat penasaran wisatawan untuk merasakan kenikmatan penganan opak khas Garut selatan Jawa Barat ini. Wisatawan yang berkunjung ke selatan Garut ini tampaknya ada yang kurang jika belum menikmati dan membawa buah tangan yang rasanya manis gurih sedikit asam ini. Penganan berbahan dasar ketan dicampur sedikit santan kelapa dan sedikit gula ini rupanya sudah sangat terkenal di wilyah Jawa Barat sampai ke Jakarta bahkan ke manca negara sekalipun. Radar Online belum lama ini berkesempatan melihat pembuatan opak Bungbulang tepatnya di desa Cihikeu dan desa Sukarame Garut. "Produksi opak Bungbulang mengalami permintaan yang cukup banyak apalagi menjelang musim lebaran atau hajatan diwilayah Garut dan Bandung. Terkadang kami kewalahan menerima pesanan. Harga satu buah opak biasa dijual Rp.500 per buahnya" customized structure Karmini (46) pengrajin opak rumahan kepada Radar Online baru-baru ini. Ditany

Kelebihan Dodol Garut dan Chocodot Garut

Siapa yang tak kenal dodol, sebuah panganan manis legit yang berasal dari Indonesia atau lebih tepatnya di Garut, Jawa Barat dengan bentuk yang agak kenyal dan berbagai jenis rasa yang beragam. Saya pertama kali mengenal dan mencicipi dodol ketika masih TK. Saat masih kecil saya sering diberi oleh-oleh dari keluarga yakni Dodol Garut, yang saya tahu pada saat itu bahwa makanan ini bernama Dodol Garut yang terbuat dari gula aren/gula merah karena warnanya merah kecoklatan. Ternyata kata “Garut” merupakan nama Kota dimana “Dodol” itu dibuat. Sejak saat itu saya punya keinginan untuk membeli Dodol langsung di Kota asal pembuatannya yakni di tanah Sunda Kota Garut, Jawa Barat. Bahan utama pembuatan dodol ialah gula merah, santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, dan garam dengan ukuran paling umum adalah 2 cm x 1 cm x 3 cm yang dibungkus plastik atau kertas roti, dodol dengan bahan ini merupakan dodol original karna dari dodol ini bisa dihasilkan berbagai macam varian dodol. September, 20

Kuliner Khas Kota Garut

Garut salah satu kota yang berada di Jawa Barat ini selain terkenal dengan keindahan dan wisata alamnya, garut pun terkenal dengan keanekaragaman kulinernya. Jika kamu berkunjung ke Garut, tak lengkap rasanya jika hanya menikmati wisata alam tanpa mencoba wisata kuliner Garut yang lezat. Berikut beberapa kuliner khas Garut yang kamu harus coba. Tidak heran jika hari libur ataupun akhir pekan kota ini ramai dikunjungi warga jawa barat, karena letaknya pun tak jauh dari ibu kota jawa barat. oke, setelah sebelumnya kita ngebahas tentang wisata alam di Garut yaitu Gunung Papandayan, sekarang kita akan membahas wisata kuliner khas Garut yang tentunya gak kalah menarik juga dengan wisata alamnya. Yuk Berburu Kuliner Khas Garut yang Lezat, cekidot! Es Goyobod Dari namanya saja sudah terdengar sunda banget ya guys. Es ini merupakan campuran dari potongan roti kecil dan potongan bahan dari tepung kanji berwarna hijau. Semua di campur menjadi satu sehingga bentuknya menyerupai es campur. Es Goyo